ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 1, No 1 (2018)

Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara Pada Materi Perkalian Pecahan

Mukrimatin, Nor Aulia (Unknown)
Murtono, Murtono (Unknown)
Wanabuliandari, Savitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hasil wawancara dengan guru terkait pemahaman konsep matematika, (2) mengetahui hasil observasi pembelajaran terkait pemahaman konsep matematika, (3) mengetahui hasil tes awal peserta didik terkait pemahaman konsep matematika. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri Rau Kedung Jepara Jawa tengah Indonesia. Penelitian dilaksanakan pada semester genap bulan mei tahun 2018. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan peserta didik kelas V SD Negeri Rau yang berjumlah 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan guru, observasi, dan tes. Setelah mendapatkan data, dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif deskriptif dan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan pretest diketahui bahwa pemahaman konsep siswa masih rendah 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

anargya

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

“Anargya: Jurnal Ilmiah Pedidikan Matematika” is a journal aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on mathematics education as well as related topics. All papers are ...