ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 1, No 1 (2018)

Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDN 3 Gemulung Pada Materi Pecahan

Pujiati, Pujiati (Unknown)
Kanzunnudin, Mohammad (Unknown)
Wanabuliandari, Savitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis kemampuan pemahaman konsep melalui wawancara, (2) menganalisis kemampuan pemahaman konsep melalui observasi, (3) menganalisis kemampuan pemahaman konsep melalui pretest. Lokasi dalam penelitian ini ialah SD 3 Gemulung Pecangaan Jepara Jawa Tengah Indonesia yang dilaksanakan pada bulan Mei tahun 2018. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV dengan jumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes kemudian data dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif deskriptif dan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan pretest diketahui bahwa pemahaman konsep siswa masih rendah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

anargya

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

“Anargya: Jurnal Ilmiah Pedidikan Matematika” is a journal aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on mathematics education as well as related topics. All papers are ...