Journal of Nonformal Education and Community Empowerment
Vol 2 No 1 (2013)

PROSES PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PADA PROGRAM KEJAR PAKET C “HARAPAN BANGSA” DI UPTD SKB (SANGGAR KEGIATAN BELAJAR) UNGARAN KABUPATEN SEMARANG

Mustika, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2013

Abstract

Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Ungaran sebagai Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) yang memberikan bimbingan dan pembelaj aran Kew irausahaan untuk Kejar Paket C melalui kegiatan kreasi. Tujuan penelitian mendeskripsikan proses pembelajaran kewirausahaan pada program Kejar Paket C. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek Penelitian terdiri dari dari 1 Kepala SKB, 1 pamong, 2 tutor, dan 7 orang warga belajar Kejar Paket C “Harapan Bangsa”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses pembelajaran kewirausahaan terdiri dari 3 tahap perencanaan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Tahap perencanaan yaitu dimulai dari menentukan tujuan pembelaj aran kewirausahaan, bahan belaj ar yang dibutuhkan dalam pembelaj aran kewirausahaan kreasi, metode pembelajaran, sumber belajar atau tutor, warga belaj ar, sistem penilaian hasil belaj ar, waktu dan tempat kegiatan pembelaj aran. Tahap pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan dimulai dari kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup dan tahap evaluasi. Kendala dalam pembelajaran kewirausahaan yaitu antara lain adanya keterbatasan waktu dalam pembelajaran kewirausahaan, belum memiliki ruangan penyimpanan hasil pembelaj aran dalam kew irausahaan dan kurangnya tempat pemasaran hasi l produksi. Model yang digunakan dalam pembelajaran kewirausahaan adalah model mengajar keterampilan dengan menggunakan strategi atau pendekatan CBSA. Saran dalam penelitian ini dapat menambah sumber belajar yang lebih ahli dari luar, menambah waktu pembelajaran, lebih ditingkatkan daerah pemasarannya usaha atau produksi kedepannya sehingga hasil produksi lebih berdaya guna dan dibuatkan ruangan tersendiri khusus pembelajaran kewirausahaan.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jnfc

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

The Journal of Nonformal Education and Community Empowerment is published twice a year in June and December. This journal is published by the Department of nonformal Education Faculty of Education Semarang State University since 2012, in 2017 changed with the new ISSN and in collaboration with the ...