Tujuan dalam penelitian ini, yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran magang di Sentra Home Industri Logam Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal; (2) Mendeskripsikan model pembelajaran magang di Sentra Home Industri Logam Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal; (3) Mendeskripsikan apa saja hasil yang diperoleh pemagang (peserta didik) setelah mengikuti pembelajaran magang di Sentra Home Industri Logam Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan: wawancara, observasi, dokumentasi, dan subyek penelitian ini berjumlah 9 orang yaitu: 2 orang pemilik industri, 2 orang tutor, 2 orang warga belajar, dan 3 orang pemagang yang telah mandiri. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) proses pembelajaran dimulai dari tahapan pemberian pekerjaan yang ringan hingga praktek secara mandiri setelah melihat tutor mendemonstrasikan terlebih dahulu; (2) . Model pembelajaran yang ada di pembelajaran magang ini adalah model belajar pendidikan orang dewasa dengan kegiatan praktek langsung; (3) hasil yang diperoleh setelah mengikuti proses magang adalah bertambahnya pengetahuan dan ketrampilan, serta adanya sikap mandiri dari pemagang untuk membuka usahanya secara mandiri di rumah masing-masing.The purpose of this research, include: (1) To describe the process of learning internship in the the Sentra Home Industri of Metal Village Kejambon Eastern District of Tegal, (2) Describe the apprenticeship model of learning in the Sentra Home Industri of Metal Village Kejambon Eastern District of Tegal; (3) Describe any results obtained interns (students) after participating in learning internship in the the Sentra Home Industri of Metal Village Kejambon Eastern District of Tegal. Research using qualitative methods of data collection techniques were used: interviews, observation, documentation, and the subject of this study is 9 people: 2 industrial owner, 2 tutors, 2 learners and 3 interns who are independent. Data analysis is qualitative. The results obtained in this study: (1) the learning process starts from the stage of the employment of mild to practice independently after seeing the first demonstration tutor; (2). Model of learning in this internship is learning learning model of adult education with hands-on activities, (3) the results obtained after following the internship process is increased knowledge and skills, as well as the independent attitude of interns to begin operations independently in their homes each.
Copyrights © 2012