Jurnal Administrasi dan Manajemen
Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Administrasi dan Manajemen

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN PADA SD NEGERI CIPAYUNG 02 PAGI KECAMATAN CIPAYUNG

Anik Riyani (Universitas Respati Indonesia)
Sudaryanto Sudaryanto2 (Universitas Respati Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2016

Abstract

Pendidikan merupakan pondasi pokok yang diperlukan oleh suatu bangsa jika bangsa tersebut menginginkan kemajuan dan kejayaan, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan  apakah Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Mutu Pembelajaran diSD Negeri Cipayung 02 Pagi. Penelitian ini menggunakan dua instrumen, yaitu instrumen (1) Motivasi Belajar  (X), dan (2) Mutu Pembelajaran (Y).Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan melakukan survei analisisnya deskriptif dan korelasi.  Sampel  berjumlah50 responden dengan menggunakan teknik nonprobability sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan  varibel motivasi belajarmemiliki pengaruh  terhadap mutu pembelajaran dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,962,.Kesimpulan  motivasi berpengaruh sangat  kuat terhadap mutu pembelajaran di SD Negeri  02 Cipayung. Kata kunci : Motivasi Belajar , Mutu Pembelajaran.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

administrasimanajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Administrasi dan Manajemen (JAM) dengan e-ISSN : 2623-1719 dan p-ISSN : 1693-6876 Published by Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Administrasi dan Manajemen is published twice every year, in June and ...