Jurnal Administrasi dan Manajemen
Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Administrasi dan Manajemen

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN JASA TEKNOLOGI MODIFIKASI CUACA PADA UNIT PELAYANAN TEKNIS HUJAN BUATAN

Tukiyat Tukiyat (Universitas Respati Indonesia)
Ani Nuraini (Universitas Respati Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2016

Abstract

Kepuasan pelanggan adalah suatu keadaan dimana keinginan, harapan dan keperluan pelanggan dapat dipenuhi. Suatu pelayanan dinilai memuaskan apabila pelanggan dapat memenuhi kebutuhan sesuai dengan harapan.  Ada beberapa faktor yang dapat dipertimbangkan oleh pelanggan dalam menilai suatu pelayanan, yaitu: ketepatan waktu, dapat dipercaya, kemampuan teknis, berkualitas dan harga yang sepadan. Tujuan penelitian ini menjelaskan indeks kepuasan pelanggan (customer satisfaction index - CSI).  Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan survei pelanggan. Sampel penelitian adalah Instansi baik pemerintah (BUMN) dan instansi  swasta yang pernah melakukan kontrak mitra kerja dengan UPT Hujan Buatan Sampel purposive sampling. Pengumpulan data dengan kuesioner dan analisis data dengan model Customer satisfaction index (CSI) dan  Importance Performance Analysis (IPA).Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Indeks Kepuasan Pelanggan pada pelayanan jasa TMC sebesar 78,67% dan nilai tingkat kesesuaian pelanggan sebesar 87,09%. Hal ini berarti bahwa  87,09% pelaksanaan kegiatan sudah sesuai dengan harapan pelanggan. Rekomendasi yang diajukan adalah suatu rekomendasi kepada manajemen UPT Hujan buatan yaitu: (1) Program Prioritas Utama: kesiapan dukungan pesawat yang serviceable, dukungan komunikasi dalam operasional TMC, Ketepatan pelaksanaan kegiatan operasional TMC sesuai dengan jadwal waktu yang telah ditentukan, Personil memiliki keterampilan (skill) yang berpengalaman, dan Bahan semai yang digunakan dalam operasional TMC ramah lingkungan, (2) Program Prestasi yang  dipertahankan: dukungan informasi data radar yang akurat, ketersediaan bahan semai yang memadai, kompetensi personil, akuntabilitas administrasi, dan kemudahan memperoleh informasi. Kata Kunci: Teknologi Modifikasi Cuaca, Kepuasan Pelanggan. 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

administrasimanajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Administrasi dan Manajemen (JAM) dengan e-ISSN : 2623-1719 dan p-ISSN : 1693-6876 Published by Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Administrasi dan Manajemen is published twice every year, in June and ...