Jurnal Madani
Vol 1 No 2: September 2018

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INSTRUMEN PENUNJANG LABORATORIUM

Ratih Andalusi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan harga dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan instrument penunjang laboratorium di PT Laborindo Sarana. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferesial yaitu: 1.Uji Validitas dan Reliabilitas, 2. Uji Asumsi Klasik, 3.Analisis Regresi Berganda, 4.Analisis Koefisien Determinasi (R2), 5. Pengujian Hipotesis dengan Uji Parsial (uji t) dan Uji Simultan (uji F). Hasil Pengujian dan analisisnya menunjukkan: 1) Kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT Laborindo Sarana karena nilai signifikan diatas 0,05 dan nilai thitung (0,512) < nilai ttabel (1,988) dengan bentuk pengaruhnya adalah positif karena nilai koefisien regresi kualitas pelayanan bernilai positif, yaitu 0,037. 2) Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT Laborindo Sarana karena nilai signifikan (0,000) dibawah 0,05 dan nilai thitung (8,589) > nilai ttabel (1,988) dengan bentuk pengaruhnya adalah positif karena nilai koefisien regresi harga bernilai positif, yaitu 0,467. 3) Kualitas Produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT Laborindo Sarana karena nilai signifikan diatas 0,05 dan nilai thitung (0,030) < nilai ttabel (1,988) dengan bentuk pengaruhnya adalah positif karena nilai koefisien regresi kualitas pelayanan bernilai positif, yaitu 0,002. 4) Kualitas pelayanan (X1), harga (X2), dan kualitas produk (X3), berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian (Y) karena nilai signifikan (0,000) dibawah 0,05 dan nilai Fhitung (24,855) > nilai Ftabel (2,70) dengan besarnya pengaruh Kualitas pelayanan (X1), harga (X2), dan kualitas produk (X3) terhadap kepuasan pelanggan instrumentasi penunjang laboratorium PT Laborindo Sarana sebesar 42%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

madani

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL MADANI: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, adalah jurnal yang ditujukan untuk berbagai bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan humaniora. Jurnal ini terbuka bagi masyarakat umum, yang ingin menerbitkan artikel-artikel yang ditulis dalam Bahasa Indonesia. Keberadaan Jurnal ini ...