Koneksi
Vol 2, No 1 (2018): Koneksi

Analisis Resepsi Mengenai Kritik Sosial dalam Komik Online (Studi Deskriptif Pemaknaan Pembaca Line Webtoon 304th Study Room Tentang Bullying dalam Dunia Pendidikan)

Rani Febriyani (Universitas Tarumanagara)
Farid Rusdi (Universitas Tarumanagara)
Septia Winduwati (Universitas Tarumanagara)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kritik sosial yang dimuat dalam komik. Komik Online, 304th Study Room keluaran dari Line Webtoon adalah salah satu komik yang mengkritik pemerintahan di Indonesia terutama tentang masalah pendidikan. Dengan permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan resepsi pembaca terhadap kritik yang diutarakan creator 304th Study Room. Metode yang digunakan yaitu analisis encoding-decoding dari Stuart Hall, dengan jenis penelitian kualitatif yang berfokus pada resepsi pembaca. Data diperoleh dari hasil wawancara terhadap informan dari kalangan siswi SMA/K dan mahasiwa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua informan berada pada hegemoni dominan yaitu menyetujui komik 304th Study Room sangat mengkritik dalam kasus bullying atau penindasan di sekolah. Dua informan ada pada posisi negosiasi yaitu menyetujui komik tersebut sangat mengkritik tetapi di kehidupan nyata sangat jarang ditemui. Satu informan berada pada posisi oposisi yaitu menolak kritik tersebut karena komik bersifat hiburan. Latar belakang informan menjadi sangat berpengaruh karena menimbulkan makna yang berbeda tentang komik 304th Study Room.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

koneksi

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Koneksi (E-ISSN : 2598 - 0785) is a national journal, which all articles contain student's writing, are published by Faculty of Communication Universitas Tarumanagara. Scientific articles published in Koneksi are result from research and scientific studies conduct by Faculty of Communication ...