Perangkat elektronik yang tersedia saat ini memudahkan penyampaian pesan. Kecanggihan teknologi yang ditampilkan dalam media sosial memungkinkan pengguna memilih format dan aplikasi yang diinginkan. Instagram merupakan salah satu media sosial yang memiliki beragam fitur yang canggih dan menarik. Kecanggihan tersebut dimanfaatkan hampir seluruh kalangan termasuk orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo, yang terbilang aktif di media sosial Instagram meski memiliki kegiatan sangat padat. Dalam penelitian ini, penulis ingin mengatahui bagaimana peran Instagram dalam meningkatkan reputasi Presiden Jokowi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode etnografi virtual dimana penulis memahami persoalan lapangan atau lokasi penelitian di internet yang juga didukung dengan melakukan wawancara mendalam terhadap sepuluh pengikut (followers) akun instagram @jokowi. Wawancara dilakukan untuk mengetahui bagaimana interpretasi followers terhadap reputasi Presiden Jokowi di Instagram, serta mengetahui seberapa efisien Instagram bagi Presiden RI dalam meningkatkan reputasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial Instagram dapat meningkatkan reputasi Presiden Jokowi dikalangan masyarakat virtual. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang menjadi followers dan menggunggah kembali (repost) berbagai foto dan/atau video Presiden Jokowi di Instagram.
Copyrights © 2017