Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)

PENGARUH METODETHINK-PAIR-SHARE TERHADAP MOTIVASIDAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Widiyatmoko Widiyatmoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada mata kuliah listrik dan elektronika otomotif, (2) Perbedaan motivasi dan hasil belajar mahasiswa antara mahasiswa yang diajar menggunakanmetode ceramah denganmetode TPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi-experimental research). Desain yang digunakan adalah nonequivalent control group desain. Subjek penelitian ini berjumlah 56 mahasiswa yang terdiri dari kelompok kontrol sebanyak 28 mahasiswa dan kelompok eksperimen sebanyak 28 mahasiswa. Kelompok kontrol diajar menggunakan metode ceramah, dan kelas eksperimen diajar dengan metode TPS. Teknik analisis  menggunakan independent t test (uji t).Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan nilai rata-rata motivasi dan hasil belajar dengan metode  TPS lebih tinggi dibandingkan menggunakan motode ceramah, (2) motivasi dan hasil belajar  mahasiswa pada mata kuliah listrik dan elektronika otomotif yang diajar dengan metode TPS lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang diajar dengan metode ceramah.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

surya

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN SURYA EDUKASI (JPSE) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Desember dan Juni. ...