Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)

ANALISIS BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PRISMA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN GENDER

Aprillia Fitri Rahayu (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Kristen Satya Wacana)
Helti Lygia Mampouw (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah terkait  prisma, ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika dan gender. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Berpikir kreatif digali menggunakan soal tentang volume prisma. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa kelas X SMK yakni subjek berkemampuan matematika tinggi laki-laki (TL) dan perempuan (TP),  subjek berkemampuan matematika sedang laki-laki (SL) dan perempuan (SP) serta subjek  berkemampuan matematika rendah laki-laki (RL) dan perempuan (RP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek TL berada pada tingkat 3 (kreatif) karena memenuhi  fleksibilitas dan kebaruan dalam berpikir kreatif. Subjek TP dan RL berada pada tingkat 2 (cukup kreatif) karena memenuhi  kebaruan dalam berpikir kreatif. Subjek RP berada pada tingkat 1 (kurang kreatif) karena hanya memenuhi kefasihan dalam berpikir kreatif. Subjek lain tidak terdeteksi adanya berpikir kreatif. Kata Kunci: berpikir kreatif, prisma, kemampuan matematika, gender

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

surya

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN SURYA EDUKASI (JPSE) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Desember dan Juni. ...