Guru SD seringkali mengalami masalah atau kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran matematika di kelas khususnya pembelajaran pemecahan masalah. Masalah ini pula yang dialami oleh guru-guru SD di Gugus DianKecamatan Sano Nggoang Kabupaten Manggarai Barat. Mereka juga kurang memberi penekanan pada penanaman konsep dalam pembelajaran matematika. Untuk mengatasi masalah tersebut, melalui PkM ini ditawarkan solusi sebagai berikut (a) penguatan pemahaman tentang konsep-konsep matematika dan pentingnya penanaman konsep dalam pembelajaran matematika melalui diskusi; (b) penguatan pemahaman guru terkait konsep, langkah-langkah, strategi pemecahan masalah dan contoh soal pemecahan masalah yang dilakukan melalui diskusi; (c) penguatan pemahaman dan keterampilan guru dalam membelajarkan pemecahan masalah khususnya melalui penerapan teknik metacognitive guidance yang dilakukan melalui diskusi dan simulasi. Metode yang digunakan adalah diskusi, ceramah, dan simulasi. Kegiatan PkM ini berjalan dengan baik. Guru mitra terlibat secara aktif dalam berdiskusi, sharing pengetahuan dan pengalaman, dan melakukan simulasi. Kegiatan ini dinilai bermanfaat dan membantu mereka dalam menemukan solusi atas masalah atau kesulitan yang mereka alami dalam pembelajaran pemecahan masalah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018