Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)

PENINGKATAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN KARTODIPURAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Tri Wahyu Swadani (Program Studi Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)
Wahyudi Wahyudi (Program Studi Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran “Problem Based Learning dan mendeskripsikan peningkatan kreativitas peserta didik dalam mengatasi masalah dan membuat suatu karya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua sikluas. Metode pengumpulan data menggunakan tes atau latihan dan observasi. Teknik analisis data menggunakan presentase untuk mengetahui dan menganalisis kreativitas peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas peserta didik meningkat dari siklus satu ke siklus dua dengan peningkatan sebesar 23%. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan kreativitas peserta didik meningkat secara siginifikan (kategori baik).  Hasil ini diperkuat dengan hasil pekerjaan peserta didik dan hasil karya membuat kincir air sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disimpulkan bahwa model pembelajaran “Problem Based Learning” dapat meningkatkan kreativitas peserta didik. Kata kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, kreativitas

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

surya

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN SURYA EDUKASI (JPSE) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Desember dan Juni. ...