Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung
Vol 3, No 2 (2017): VOL 3 NO 2, OKTOBER 2017

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DAN OPERASI BILANGAN ANAK USIA DINI

Nunung Nurjanah (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2018

Abstract

Artikel ini mengkaji penelitian terkait dengan penerapan model pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL)dalam meningkatkan kemampuan berhitung da operasi bilangan anak usia dini. Penelitian ini bermula daripermasalahan kemampuan berhitung dan operasi bilangan anak di TK Budi Asih yang seringkali mengalamihambatan. Berdasarkan hasil observasi awal, kemampuan anak dalam aspek berhitung dan operasi bilangan masih belum optimal, hal tersebut ditandai dengan masih banyaknya anak yang hanya dapat menyebutkan bilangan dari 1 sampai 10 tanpa memahami arti dari bilangan tersebut, anak terlihat belum mampu membilang dengan menggunakan benda, belum mampu menjumlah dengan menggunakan benda dan belum mampu melakukan pengurangan dengan benda. Permasalahan tersebut perlu diatasi dengan penggunaan cara yang tepat, dalam penelitian ini solusi yang digunakan yaitu model pembelajaran IBL.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

tunas-siliwangi

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas Siliwangi Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and Preschool Education study program of STKIP Siliwangi Bandung on current science issues, namely: -Teacher of Early Childhood Education Programs. -Observers and Researchers of Early Childhood Education ...