Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung
Vol 2, No 2 (2016): VOL 2 NO 2, OKTOBER 2016

MELEK KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI

Euis Cici Nurunnisa (UPI Bandung)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2017

Abstract

Berbagai bentuk perilaku penyimpangan anak yang marak diberitakan saat ini salah satu penyebabnya diduga berhubungan dengan kecerdasan interpersonal anak. Kecerdasan interpersonal merupakan salah satu bagian dari kecerdasan jamak yang dikemukakan oleh Gardner. Kecerdasan interpersonal seyogyanyadikembangkan sejak dini, mengingat masa usia dini adalah masa kritis untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosi. Sekolah sebagai salah satu wadah untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak secara utuh, seyogyanya dapat membantu menstimulasi kecerdasan interpersonal anak. Akan tetapi, seringkali kecerdasan interpersonal luput dari perhatian praktisi pendidikan anak usia dini. Hal ini dikarenakan faktor utama yang penting dikembangkan pada anak adalah hal-hal yang bersifat akademis seperti membaca, menulis, dan berhitung. Dengan demikian, nampaknya penting untuk dikaji mengenai seberapa pentingnya kecerdasan interpersonal anak usia dini dan bagaimana upaya yang mungkin dilakukan untuk membantu anak mengembangkan kecerdasan interpersonalnya. Kata kunci: kecerdasan interpersonal, anak usia dini

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

tunas-siliwangi

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas Siliwangi Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and Preschool Education study program of STKIP Siliwangi Bandung on current science issues, namely: -Teacher of Early Childhood Education Programs. -Observers and Researchers of Early Childhood Education ...