Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung
Vol 4, No 1 (2018): VOL 4 NO 1, APRIL 2018

Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Awal Anak Usia Dini Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B TK Lima

Tri Rahayu (TK Lima)
fifiet dwi santana (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis awal anak usia dini melalui permainan kartu huruf pada anak kelompok B TK Lima Cibabat - Cimahi, tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik pada Kelompok B TK Lima, Cibabat, Cimahi, Tahun Ajaran 2016/2017 dengan jumlah peserta didik 9 anak yang terdiri atas 4 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Kolaborator dalam penelitian ini terdiri atas seorang guru sebagai pelaksana tindakan dan seorang guru sebagai observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, hasil karya, dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ketuntasan guru mengalami peningkatan. Hasil peningkatan dapat dilihat dari hasil tindakan yang dilakukan yaitu peningkatan ketuntasan yang dicapai oleh guru dan anak usia dini pada Siklus I dan Siklus II yaitu pada siklus I nilai ketuntasan guru mencapai 65,74 % sedangkan nilai ketuntasan anak usia dini 71,24 %. Pada Siklus II nilai ketuntasan guru mencapai 83,62 % sedangkan nilai ketuntasan anak usia dini 86,77 % dengan demikian hasil observasi keterampilan menulis awal anak usia dini meningkat. Perbandingan hasil tes dicapai sebagai berikut : Tes Awal mencapai 66,67 %, Tes Siklus I mencapai 77,55 %, dan hasil Tes Siklus II mencapai 82,11 %. Sedangkan peningkatan proses menulis sebelum dilakukan tindakan, kurang terampil 33,33 %; cukup terampil 66,67 %; terampil 0 %; sangat terampil hasil tersebut kemudian meningkat setelah proses tindakan kelas dalam penelitian ini dilakukan, hasil karya proses menulis anak usia dini pada kategori kurang terampil 11,11 %; cukup terampil 11,11 %; terampil 44,44 %; sangat terampil 33.33 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan melalui kartu huruf secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan menulis awal anak usia dini kelompok B TK Lima Cibabat, Cimahi, tahun ajaran 2016/2017.Kata kunci: permainan, kartu huruf, keterampilan menulis awal

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

tunas-siliwangi

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas Siliwangi Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and Preschool Education study program of STKIP Siliwangi Bandung on current science issues, namely: -Teacher of Early Childhood Education Programs. -Observers and Researchers of Early Childhood Education ...