Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Vol 4, No 1 (2017): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEREMIDIASI MISKONSEPSI PADA MATERI GAYA DAN HUKUM NEWTON TENTANG GERAK

Abidin Pasaribu (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya)
Saparini Saparini (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
25 May 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun dan mengembangkan bahan ajar berbasis kontekstual untuk meremidiasi miskonsepsi pada materi gaya dan hukum newton tentang gerak yang praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang memiliki tiga langkah utama yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Penelitian dilaksanakan di program studi Pendidikan Fisika FKIP Unsri dengan subjek penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Fisika yang mengambil mata kuliah fisika dasar 1 tahun akademik 2016/2017. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan walktrough, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji validitas dan kepraktisan. Hasil akhir bahan ajar yang dikembangkan yaitu bahan ajar berbasis kontekstual materi gaya dan hukum Newton tentang gerak. Hasil analisis data walktrough dan angket menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid dan sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa tujuan penelitian terpenuhi yaitu telah tersusun dan berhasil dikembangkan bahan ajar berbasis kontekstual untuk meremidiasi miskonsepsi pada materi gaya dan hukum newton tentang gerak yang praktis.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika (JIPF) is a peer-reviewed journal that is managed by Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sriwijaya and published by Program Sarjana Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sriwijaya. JIPF is published ...