CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif)
Vol 1, No 6 (2018): Volume 1 Nomor 6, November 2018

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE MENDONGENG PADA KELOMPOK A DI TPA CAHAYA GEMINTANG KOTA CIMAHI

Yulianingsih, Nani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2019

Abstract

Bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan manuasia karena bahasa merupakan alat komunikasi kehidupan sehari-hari. Salah satu masalah yang berkaitan dengan perkembangan bahasa anak usia dini adalah kemampuan berbicara. Oleh sebab itu, tugas guru dan orang tua untuk memberikan perhatian terhadap kemampuan berbicara anak melalui metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Kemampuan berbicara pada kelompok A TPA Cahaya Gemintang belum berkembang sesuai harapan, dibutuhkan upaya guru dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Salah satu metode yang dapat digunakan yaitu melalui pendekatan mendongeng. Berdasarkan latar belakang tersebut Peneliti tertarik untuk meneliti tentang, bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara kelompok A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara kelompok A. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, yaitu penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pedoman observasi, dan wawancara terhadap orang tua murid. Hasil analisis data menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berbicara pada kelompok A melalui metode mendongeng. Hal ini diketahui dari hasil evaluasi meningkatkan kemampuan berbicara kelompok A. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode mendongeng dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada kelompok A TPA Cahaya Gemintang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ceria

Publisher

Subject

Education

Description

Ceria Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and Preschool Education study program of IKIP Siliwangi on current science issues, namely: -Teacher of Early Childhood Education Programs. -Observers and Researchers of Early Childhood Education Programs. -Educational ...