Penelitian dengan judul, “Kesantunan berbahasa sebagai implementasi pendidikan berbasis karakter pada Anak Usia Dini (PAUD) di kota Palembang” ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa anak PAUD di kota Palembang yang sudah berbasis pendidikan karakter dan yang belum, serta mendeskripsikan daftar pemakaian bahasa anak PAUD yang berbasis pendidikan karakter. Penelitian bersifat deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data berupa lembar pengamatan, angket, dan wawancara, dengan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa subjek penelitian menggunakan delapan strategi kesantunan berbahasa: ketidaklangsungan tuturan, penggunaan kata sapaan, penggunaan basa-basi, pengunaan eufemisme, pilihan jawaban, alasan, pemagaran ujaran, dan penggunaan bahasa nonverbal. Strategi yang dominan adalah bahasa nonverbal; yang tidak dominan pemakaian basa-basi dan eufemisme. Dalam penggunaanya, subjek penelitian memakai satu atau lebih strategi kesantunan berbahasa.
Copyrights © 2014