Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran

PARADIGMA KRITIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

Purnomo, Mulyadi Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2018

Abstract

Paradigma kritis merupakan perspektif kritis dalam memikirkan sesuatu. Paradigma kritis dalam bidang pendidikan/ pedagogi, terdapat pedagogi kritis yang memandang bahwa pendidikan adalah proses pemberdayaan. Oleh karena itu, siswa dipandang sebagai subjek yang memiliki kemandirian dan kebebasan dalam taraf tertentu terhadap apa yang ingin dicapainya dan bagaimana cara mencapainya. Hubungan guru-siswa bersifat dialogis dan saling menghargai. Dalam bidang linguistik, paradigma kritis terwujud dalam analisis wacana kritis yang merupakan epistemologi kewacanaan untuk menemukan ideologi yang tersembunyi dari suatu praktik wacana. Dalam pembelajaran bahasa, pedagogi kritis dan analisis wacana kritis dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa. Caranya adalah dengan menerapkan prinsip-prinsip paradigma kritis itu dalam praktik pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

logat

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LOGAT menerbitkan artikel penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta analitis kritis bidang bahasa/ilmu bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Menerima artikel dari para ahli, peneliti, dosen/guru, dan pemerhati. ...