Kota Medan merupakan kota Metropolitan ketiga di Indonesia, selain sebagai daerah tujuan wisata dari berbagai negara, juga menjadi daerah pusat perdagangan. Masyarakat kota Medan banyak mengkonsumsi produk-produk yang diimpor dari luar negeri, baik itu makanan, minuman, pakaian dan lain-lain, salah satunya adalah makanan dan minuman produk Jepang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan variasi bahasa Jepang dalam iklan produk makanan dan minuman Jepang, yang halal atau haram serta komposisi yang terdapat pada produk makanan dan minuman Jepang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif modul deduksi dan teknik catat. Hasil dari penelitian ini didapati variasi bahasa Jepang pada produk makanan dan minuman yang tidak hanya menggunakan bahasa Jepang saja, tetapi menggunakan bahasa serapan (bahasa asing yang dijepangkan) seperti bahasa Inggris dan bahasa Prancis. Sehingga produk makanan dan minuman Jepang menjadi sangat menarik.
Copyrights © 2014