Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Vol 1 No 2 (2014): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran

VARIASI BAHASA JEPANG DALAM BENTUK IKLAN PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN DI MEDAN

Pujiono, Mhd (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2019

Abstract

Kota Medan merupakan kota Metropolitan ketiga di Indonesia, selain sebagai daerah tujuan wisata dari berbagai negara, juga menjadi daerah pusat perdagangan. Masyarakat kota Medan banyak mengkonsumsi produk-produk yang diimpor dari luar negeri, baik itu makanan, minuman, pakaian dan lain-lain, salah satunya adalah makanan dan minuman  produk Jepang. Tujuan penelitian ini  untuk mendeskripsikan variasi bahasa Jepang dalam iklan produk makanan dan minuman Jepang, yang halal atau haram serta komposisi yang terdapat pada produk makanan dan minuman Jepang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif modul deduksi dan teknik catat. Hasil dari penelitian ini didapati variasi bahasa Jepang  pada produk makanan dan minuman yang tidak hanya menggunakan bahasa Jepang saja, tetapi menggunakan bahasa serapan (bahasa asing yang dijepangkan) seperti bahasa Inggris dan bahasa Prancis. Sehingga produk makanan dan minuman Jepang menjadi sangat menarik.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

logat

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LOGAT menerbitkan artikel penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta analitis kritis bidang bahasa/ilmu bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Menerima artikel dari para ahli, peneliti, dosen/guru, dan pemerhati. ...