Penelitian ini tentang penggunaan model pembelajaran group investigation (GI) berbantuan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada materi hidrokarbon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, dan respon siswa terhadap model pembelajaran group investigation. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan pretest- posttest nonequivalent control group design. Kelas yang digunakan yaitu 2 kelas terdiri dari kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran group investigation dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis, tes hasil belajar kognitif dan angket respon siswa. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan pada penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 10 Banjarmasin pada materi Hidrokarbon. (2) Terdapat perbedaan pada penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 10 Banjarmasin pada materi Hidrokarbon. (3) Respon siswa kelas X SMA Negeri 10 Banjarmasin terhadap penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada materi hidrokarbon sangat positif.
Copyrights © 2017