JOURNAL OF CHEMISTRY AND EDUCATION (JCAE)
Vol 2 No 2 (2018): JCAE EDISI DESEMBER 2018

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING BERBANTUAN PREZI PADA MATERI HIDROKARBON KELAS X DI SMA PGRI 6 BANJARMASIN

Seri Rejeki Yanti (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Rilia Iriani (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Bambang Suharto (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
08 May 2019

Abstract

Telah dilaksanakan penelitian tentang penggunaan model pembelajaran Quantum Learning berbantuan Prezi materiihidrokarbonnkelas X 3 SMA PGRI 6 Banjarmasin Tahun 2017/2018. Tujuan penelitiannialah mengetahuii(1) kegiatannguru (2) kegiatannpeserta didik (3) meningkatnyaahasillbelajarrpesertaadidik (4) responnpesertaadidik. Penelitiannini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan cara bersiklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X3 SMA PGRI 6 Banjarmasin dengan jumlah 29 orang. Instrumen penelitian terdiri dari tes dan non tes. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Quantum Learning berbantuan Prezi dapat meningkatkan (1) kegiatan guru dari cukup siklus I menjadi baik siklus II (2) kegiatan peserta didik mengalami peningkatan dari cukup aktif siklus I dan aktif siklus II. (3) meningkatkan hasil belajar peserta didik yang rata-rata 74,36 % siklus I menjadi 88,19 % siklus II. (4) respon positif peserta didik terhadap model pembelajaran Quantum Learning berbantuan Prezi pada materi hidrokarbon.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jcae

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil penelitian tentang pendidikan dan pembelajaran dalam bidang kimia serta penelitian kimia yang meliputi kimia analitik, kimia organik, biokimia, kimia anorganik serta kimia ...