Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya
Vol 4, No 2 (2017)

Analisis Kemampuan Pck (Pedagogical Content Knowledge) Guru Mata Pelajaran Biologi SMA di Kecamatan Babat Toman

Cici Hema Pratiwi (Universitas Sriwijaya)
Yenny Anwar (Unknown)
Adeng Slamet (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan PCK (Pedagogical Content Knowledge) gurumatapelajaranbiologi SMA di Kecamatan Babat Toman. Metode penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian adalah semua guru biologi yang ada di Kecamatan Babat Toman dengan jumlah empat orang. Materi yang dipilih yaitu materi sistem saraf. Data dikumpulkan dari Content Representasi (CoRe)danPedagogical and Experience Repertoire (PaP-eRs), RPP, Pelaksanaan Pembelajaran, wawancara serta dokumentasi yang digunakanuntukmengukurkategorikemampuan PCK guru yaituPra-PCK, Growing PCKdanMaturing PCK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis RPP rata-rata nilai yang diperoleh yakni 81,81 maka secara umum dalam penyusunan RPP guru Biologi SMA di Kecamatan Babat Toman termasuk kategori baik. Pelaksanaan pembelajaran rata-rata nilai yang diperoleh yakni 74,40 termasuk dalam kategori cukup. Hasil analisis data CoRe nilai rata-rata yang diperoleh yakni 76,16 termasuk dalam kategori cukup, sedangkan PaP-eRs guru memperoleh rata-rata nilai 85,41 termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan kategori PCK yang ditetapkan dapatdisimpulkanbahwa guru Biologi SMA di Kecamatan Babat Toman termasuk dalam kategori Pra-PCk danGrowing PCK. Tiga guru termasuk Growing PCK dan satu guru termasuk Pra-PCK. Kata kunci: Pedagogical Content Knowledge, kemampuan guru, pembelajaran biologi

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

fpb

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya (e-issn : 2613-9936; p-issn : 2355-7192), journals managed by the Biology Education Study Program FKIP Unsri. This journal has been active since 2014, biannually. starting in 2019, Jurnal Pembelajaran Biologi will only publish 6 ...