as-sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 3 No 2 (2018): Desember 2018

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG HURUF MELALUI METODE PROYEK DAN MEDIA BUNGKUS MAKANAN DAN MINUMAN RINGAN PADA KELAS B DI RA RIYADUL FATA TEMBONGRAJA KECAMATAN SALEM KABUPATEN BREBES

Hasanah Hasanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah ketidakmampuan anak dalam mengenal lambang huruf melalui metode proyek dan media bungkus makanan dan minuman ringan pada kelas B di RA Riyadul Fata Tembongraja kecamatan Salem kabupaten Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Hasil dari siklus I dalam penelitian ini adalah ditemukan beberapa siswa yang kurang aktif dan kurang memperhatikan pada saat kegiatan mengenal lambang huruf namun pada akhirnya dapat menyelesaikan kegiatannya dengan bantuan dari guru. Dari 15 siswa, masih ada 4 siswa yang belum bisa mengenal lambang huruf. Sisanya 11 siswa sudah mampu mengenal lambang huruf dengan baik. Kemudian Hasil dari siklus II adalah telah terjadi peningkatan kemampuan mengenal lambang huruf pada siswa. Dari 15 siswa, hanya 1 saja yang belum mampu mengenal lambang huruf dengan baik. Sisanya 10 siswa berkembang sangat baik dan 4 siswa berkembang sesuai harapan. Secara keseluruhan 14 siswa sudah mampu mengenal lambang huruf dengan baik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

assibyan

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

a?-?iby?n: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, ISSN 2541-5549, diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten berdasarkan Surat Keputusan Rektor IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten No. ...