as-sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 3 No 01 (2018): Juni 2018

PENGEMBANGAN LINGKUNGAN BELAJAR LITERASI UNTUK ANAK USIA DINI

Heru Kurniawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2018

Abstract

Tulisan ini fokus membahas persoalan literasi anak usia dini dalam lingkungan pendidikan keluarga dan sekolah. Karena kemampuan dasar literasi anak usia dini tidak akan lepas dari pengaruh lingkungan belajar dalam keluarga dan sekolah. Bahkan, keluarga dan sekolah menjadi basis utama dalam pendidikan literasi anak-anak-anak, sehingga diperlukan suatu desain pengembangan lingkungan belajar literasi yang mampu meningkatkan kompetensi dan keterampilan literasi anak-anak usia dini. Mendesain lingkungan belajar literasi untuk anak dalam pendidikan keluarga dan sekolah merupakan usaha yang dilakukan orang tua dan guru dalam menumbuhkan kemampuan dan keterampilan literasi pada anak-anak dalam kehidupan keluarga dan sekolah. Desain lingkungan belajar literasi anak usia dini dalam pendidikan keluarga dan sekolah pada anak usia dini dapat dilakukan melalui tiga hal penting sebagai berikut; Pertama, desain yang berorientasikan pada penciptaan dan peningkatan budaya membaca pada anak. Kedua, desain yang mengkondisikan anak-anak untuk mengelaborasi segala bentuk informasi dan ilmu pengetahuan yang telah didapat dari membaca untuk meningkatkan kemampuan berpikir anak. Ketiga, desain lingkungan belajar anak-anak untik aktif dalam menulis.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

assibyan

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

a?-?iby?n: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, ISSN 2541-5549, diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten berdasarkan Surat Keputusan Rektor IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten No. ...