as-sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 1 No 02 (2016): Juli-Desember 2016

EVALUASI PENDIDIKAN PADA JENJANG PAUD

Enung Nugraha (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2017

Abstract

Pendidikan adalah suatu proses bimbingan dan pengajaran untuk mengembangkan kemampuan akademik serta mengawal perkembangan peserta didik. Dimulai dari pendidikan di rumah atau informal, di sekolah atau formal serta pada bidang kursus atau non formal. Pada pendidikan formal dilaksanakan mulai jenjang pendidikan anak usia dini sampai dengan peruruan tinggi. Jenjang pendidikan tersebut ada yang berada di bawah naungan kementerian agama ada juga yang berada di bawah naungan kementrian pendidikan dan kebudayaan atau kemendiknas. Setiap jenjang pendidikan terdapat programa pembelajaran yang tertuang dalam kurikulum nasional, sehingga pelaksanaan pembelajaran secara general mengacu terhadap kurikulum yang telah ditetapkan tersebut. Kurikulum dituangkan ke dalam rancangan program belajar mengajar setiap hari yang biasa disebut silabus atau RPP. Penggunaan metode, strategi dan media pembelajaran disinergikan dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran. Tak terkecuali di tingkat pendidikan anak usia dini. Untuk melihat keberhasilan serta efektifitas penggunaan media, metode serta strategi pembelajaran maka dilaksanakan ptoses evaluasi pendidikan. Evaluasi terdiri dari kegiatan pengukuran danpenilaian. Pada jenjang PAUD pengukuran dilaksanakan dengan memberikan treatment atau perlakuan yang merujuk kepada pengunjukan perilaku anak yang mau diukur, misalnya observasi tentang kerja sama anak, keterampilan menanggapi stimulus atau stimulus respon, mewarnai, menuliskan hurup, tertentu. Misalnya pada kegiatan mewarnai apakah suda tepat pemilihan warnanya? Sudah rapikah saat mewarnai? Sesuaikan antara jumlah waktu yang tersedia dengan penyelesaian tugas yang diberikan oleh guru. Hal-hal tersebut dibutuhkan saat pengukuran. Kemudian proses penilaian yaitu mendeskripsikan kemampuan masing-masing anak, sampai akhirnya proses pengambila keputusan bisa dijalankan secara objektif. Hadirnya guru saat evaluasi mutlak diperlukan agar pengambilan keputusan bisa lebih objektif.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

assibyan

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

a?-?iby?n: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, ISSN 2541-5549, diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten berdasarkan Surat Keputusan Rektor IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten No. ...