Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol 5, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH ECAYO MUSIC KOTA PALEMBANG

Lisa Lestari (Universitas Sriwijaya)
Azizah Husin (Universitas Sriwijaya)
Evy Ratna Kartika Waty (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran yang meliputi kegiatan awal (apersepsi), kegiatan inti, dan kegiatan penutup yang digunakan dalam pembelajaran sekolah musik Ecayo. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif untuk mengetahui proses pembelajaran yang ada di sekolah musik. Populasi peserta didik yang ada di sekolah musik sebanyak 310 peserta didik, teknik sampling yang di gunakan yaitu Proposional Random Sampling, maka sampel yang  diambil sebanyak 15% dari populasi. Responden dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik yang menggunakan instrumen musik yaitu Piano, Keyboard, Biola, Gitar, dan Drum sebanyak 20 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa interaksi antara instruktur dengan peserta didik terjalin dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari 20 peserta didik memiliki tingkat komunikasi kepada Instruktur tergolong tinggi. Kurikulum,  silabus, metode dan materi pembelajaran sekolah musik yang digunakan oleh instruktur berupa metode latihan, dengan cara instruktur memberikan contoh kepada peserta didik lalu peserta didik akan memainkan instrumen musik dan peserta didik diberi kebebasan dalam berkreatif dalam memainkan musik. Hal ini meliputi cara memainkan instrumen musik, mendengarkan melodi, membaca not-not musik dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran ini yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir pembelajaran sudah sesuai dengan prosedur sekolah musik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) menerbitkan artikel penelitian tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara nasional pada pengembangan pendidikan nonformal yang meliputi manajemen pembelajaran, manajemen program dan manajemen Institut dengan tujuan memajukan ...