Jurnal Penjaskesrek STKIP Mega Rezky Makassar
Vol 3, No 1 (2017): 10 APRIL 2017

PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLAVOLI (Studi Experimen pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Lahat)

Awali, Mirza (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Gaya Mengajar (Inklusi dan Guided Discovery) dan Motivasi Belajar terhadap hasil pembelajaran passing bawah bolavoli, dalam hal Motivasi Belajar tinggi dan dan Motivasi Belajar rendah. Sesuai dengan permasalahan, desain penelitian ini adalah treatment by level 2 x 2. Analisis varian antar kelompok di tingkat signifikan α = 0.05Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa, kemudian dibagi menjadi empat kelompok, sehingga setiap kelompok terdiri dari 9 orang siswa yang menjadi objek pada penelitian ini. Teknik analisis data adalah analisis varian dua jalur dan kemudian dilanjutkan dengan uji tukey dengan taraf signifikan α = 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil Pembelajaran  Passing  Bawah  bagi kelompok yang belajar dengan Gaya Mengajar Inklusi secara keseluruhan lebih baik dibandingkan dengan kelompok yang belajar dengan gaya mengajar Guided Discovery, (2) Terdapat interaksi antara Gaya Mengajar dengan Motivasi Belajar terhadap hasil Pembelajaran  Passing  Bawah, (3) Bagi siswa yang memiliki Motivasi Belajar Tinggi, hasil Pembelajaran  Passing  Bawah  melalui penerapan Gaya Mengajar Inklusi lebih baik dibandingkan dengan Gaya Mengajar Guided Discovery, (4) Bagi siswa yang memiliki Motivasi Belajar rendah, hasil Pembelajaran  Passing  Bawah  melalui penerapan Gaya Mengajar Guided Discovery lebih baik dibandingkan dengan  Gaya Mengajar Inklusi. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Penjaskesrek

Publisher

Subject

Education Other

Description

The purpose of the journal is to collect conceptual thought, ideas, research results which has been accomplished in Physical education and sport tourism and it is focused on the main issue of Physical education and sport tourism studies. ...