Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Gaya Mengajar (Inklusi dan Guided Discovery) dan Motivasi Belajar terhadap hasil pembelajaran passing bawah bolavoli, dalam hal Motivasi Belajar tinggi dan dan Motivasi Belajar rendah. Sesuai dengan permasalahan, desain penelitian ini adalah treatment by level 2 x 2. Analisis varian antar kelompok di tingkat signifikan α = 0.05Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa, kemudian dibagi menjadi empat kelompok, sehingga setiap kelompok terdiri dari 9 orang siswa yang menjadi objek pada penelitian ini. Teknik analisis data adalah analisis varian dua jalur dan kemudian dilanjutkan dengan uji tukey dengan taraf signifikan α = 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil Pembelajaran Passing Bawah bagi kelompok yang belajar dengan Gaya Mengajar Inklusi secara keseluruhan lebih baik dibandingkan dengan kelompok yang belajar dengan gaya mengajar Guided Discovery, (2) Terdapat interaksi antara Gaya Mengajar dengan Motivasi Belajar terhadap hasil Pembelajaran Passing Bawah, (3) Bagi siswa yang memiliki Motivasi Belajar Tinggi, hasil Pembelajaran Passing Bawah melalui penerapan Gaya Mengajar Inklusi lebih baik dibandingkan dengan Gaya Mengajar Guided Discovery, (4) Bagi siswa yang memiliki Motivasi Belajar rendah, hasil Pembelajaran Passing Bawah melalui penerapan Gaya Mengajar Guided Discovery lebih baik dibandingkan dengan Gaya Mengajar Inklusi.
Copyrights © 2017