Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi yang di akibatkan oleh pengaruh media audio visual dan konvensional dalam meningkatan hasil belajar renang gaya bebas. Sedangkan target khususnya adalah; a) Untuk mengetahui pengaruh media audiovisual dalam meningkatan hasil belajar renang gaya bebas pada peserta didik SMA di Kota Palopo; b) Untuk mengetahui pengaruh konvensional dalam meningkatan hasil belajar renang gaya bebas pada peserta didik SMA di Kota Palopo.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen lapangan. Metode eksperimen adalah metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh treatment tertentu (perlakuan) dalam kondisi yang terkontrol. Dalam penelitian ini menggunakan pretest dan postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA di Kota Palopo sebanyak 200 orang yang terdiri dari putra dan putri. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas XI SMAdi Kota Palopo sebanyak 45 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Ada pengaruh signifikan penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas pada peserta didik di SMA Kota Palopo yaitu di peroleh t-hitung sebesar 9,869 > t-tabel 2,145 sedangkan nilai signifikan 0,000 < α 0,05. Karena tingkat signifikan lebih kecil dari pa da 0,05, maka ada pengaruh yang signifikan data pretest dan posttest kelompok perlakuan media visual dalam meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas pada peserta didik SMA di Kota Palopo. 2) Ada pengaruh positif penggunaan konvensional dalam meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas pada peserta didik di SMA Kota Palopo yaitu di peroleh t-hitung sebesar 4,583 > t-tabel 2,145 sedangkan nilai signifikan 0,000 < α 0,05. Karena tingkat signifikan lebih kecil dari pada 0,05, maka ada pengaruh yang signifikan data pretest dan posttest kelompok perlakuan konvensional dalam meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas pada peserta didik SMA di Kota Palopo.
Copyrights © 2018