Jurnal Penjaskesrek STKIP Mega Rezky Makassar
Vol 1, No 2 (2015): (Oktober 2015)

PENGARUH LATIHAN SMALL-SIDED GAMES TERHADAP KETERAMPILAN TEKNIK PASSING-STOPPING BERMAIN FUTSAL SISWA SMP KARTIKA XX_2 WIRABUANA MAKASSAR

Janwar, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh latihan small-sided games 2 vs 2 terhadap keterampilan teknik passing-stopping bermain futsal siswa SMP Kartika XX_2 Wirabuana Makassar, (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh latihan small-sided games 4 vs 4 terhadap keterampilan teknik passing-stopping bermain futsal siswa SMP Kartika XX_2 Wirabuana Makassar, (3)  untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh latihan small-sided games 2 vs 2 dan latihan small-sided games 4 vs 4 terhadap keterampilan teknik passing-stopping  bermain futsal siswa SMP Kartika XX_2 Wirabuana Makassar.Penelitian ini adalah jenis penelitian eskperimen yang menggunakan rancangan penelitian Randomized Pretest, Posttest Three Group Control Design. Populasinya adalah siswa peserta esktrakurikuler SMP Kartika XX_2 Wirabuana Makassar putra sebanyak 80 orang. Selanjutnya dibagi menjadi tiga kelompok sampel yaitu kelompok latihan small-sided games 2 vs 2, kelompok latihan small-sided games 4 vs 4, dan kelompok kontrol. Setiap kelompok eskperimen terdiri dari 15 orang siswa. Teknik penentuan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dengan uji-t pada taraf signifikan 5%.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Ada pengaruh yang signifikan latihan small-sided games 2 vs 2 terhadap keterampilan teknik passing-stopping bermain futsal siswa SMP Kartika XX_2 Wirabuana Makassar, terbukti dengan nilai thitung = 10,330 dengan tingkat signifikan (0,000) < 0,05. Ada pengaruh yang signifikan latihan small-sided games 4 vs 4 terhadap keterampilan teknik passing-stopping bermain futsal siswa SMP Kartika XX_2 Wirabuana Makassar, terbukti dengan nilai thitung= 8,411 dengan tingkat signifikan (0,000) < 0,05. Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan small-sided games 2 vs 2 dan small-sided games 4 vs 4 terhadap keterampilan teknik passing-stopping bermain futsal siswa SMP Kartika XX_2 Wirabuana Makassar, terbukti dengan nilai thitung= 3.035 lebih besar dari nilai ttabel 2,048 dengan tingkat signifikan (0,005) < 0,05.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

Penjaskesrek

Publisher

Subject

Education Other

Description

The purpose of the journal is to collect conceptual thought, ideas, research results which has been accomplished in Physical education and sport tourism and it is focused on the main issue of Physical education and sport tourism studies. ...