Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang pola asuh orang tua dan regulasi diri dengan keterampilan sosial. Penelitian ini dilakasanakan SDN Tambun Selatan, Kab. Bekasi. Pelaksanaan penelitian ini dari Agustus sampai dengan September 2017,  dengan subjek penelitian sebanyak 96 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan positif antara persepsi tentang pola asuh anakdengan keterampilan sosial,  koefisien determinasi = 0,802. 2) terdapat hubungan positif antara regulasi diri dengan keterampilan sosial, koefisien determinasi = 0,086.  dan 3) terdapat hubungan positif antara persepsi tentang pola asuh anak, regulasi diri dan keterampilan social, koefisien determinasi = 0,142. Implikasi dari temuan penelitian ini adalah, peningkatan ketiga variabel bebas tersebut dapat memperbaiki dan meningkatkan keterampilan sosial mereka . saran yang dapat diberikan guru dapat melakukan pelatihan atau pembelajaran formal dan norformal oleh lembaga-lembaga pendidikan formal dan nonformal, sehingga pada akhirnya terjadi peningkatan keterampilan sosial siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018