Pada dasarnya tujuan pendidikan bukan hanya proses transfer ilmu dan mengembangkan kognitif peserta didik saja, akan tetapi juga tertuju pada perubahan tingkah laku peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia. Maka dari itu pendidikan akidah perlu diterapkan dalam hati peserta didik sejak dini, guna mereka mampu mengimbangi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu memfilter pengaruh-pengaruh luar yang masuk dalam kehidupannya. Penulis merumuskan dua masalah pokok dalam penelitian ini, yaitu : 1) Bagaimana konsep pendidikan akidah dalam kitab ‘Aqidatul ‘Awam ?; 2) Bagaimana relevansi pendidikan akidah dalam kitab ‘Aqidatul ‘Awam dengan pendidikan Islam ?. Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui konsep pendidikan akidah dalam kitab ‘Aqidatul ‘Awam; Untuk mengetahui relevansi pendidikan akidah dalam kitab ‘Aqidatul ‘Awam dengan pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan (library research), yaitu dengan memanfaatkan secara maksimal bahan-bahan pustaka yang lerevan untuk menjawab permasalahan yang diteliti. Karena data yang diteliti berupa kitab-kitab, naskah-naskah atau buku yang bersumber dari khazanah kepustakaan. Setelah melakukan analisis data, penulis memperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1) Konsep pendidikan akidah dalam kitab ‘Aqidatul ‘Awam yang mencakup ‘Aqaid 50 (lima puluh). 2) Sedangkan relevansi pendidikan akidah dalam kitab ‘Aqidatul ‘Awam dengan Pendidikan Islam ialah pendidikan akidah yang terdapat dalam kitab ‘Aqidatul ‘Awam memiliki keterkaitan dan kesamaan dengan materi Pendidikan Islam yakni dari segi ruang lingkup pendidikan akidah.
Copyrights © 2017