Penelitian bertujuan untuk mengungkap tentang upaya peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an anak usia dini melalui penerapan metode Iqra’ di RA Daarul Hikmah Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Dengan tiga focus penelitian yaitu pad aaspek perencanaan, pelaksanaan dan aspek hasil penigkatan kemampuan membaca al-Qur’an anak. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah metode penelitian tindakan kelas (PTK) model John Elliot. Ada empat tahap yang dilakukan pada penelitian ini yaitu ; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan yaitu: 1) pada tahap perencanaan yaitu penyusunan RPPH pada siklus I 68.16, siklus II 76.5, dan siklus ke III 83.83. Jadi secara keseluruhan penyusunan RPPH pada siklus I,II dan III meningkat. 2) Hasil terhadap proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus I 67.7, pada siklus II 76.7, dan pada siklus III83.8. Jadi secara keseluruhan proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus I, II dan III meningkat. 3) Hasil terhadap kemampuan membaca al-Qur’an Siklus I hanya 9 anak yang nilainya di atas KKM dan 17 anak lainnya belum tuntas, pada siklus I mendapat nilai dengan rata-rata 65.96, pada siklus II anak yang nilainya di atas KKM bertambah menjadi 18 dan 8 anak lainnya belum tuntas, pada siklus II mendapat nilai dengan rata-rata 72.07, dan siklus III ada 25 anak yang nilainya di atas KKM dan 1 anak belum memenuhi KKM mendapat rata-rata nilai 78.07.
Copyrights © 2018