Jurnal Inovasi Pendidikan


DESAIN PEMBELAJARAN MATERI LUAS BANGUN DATAR MENGGUNAKAN TANGRAM DI KELAS IV

Prattiwi, Rika (Unknown)
Zulkardi, Zulkardi (Unknown)
Hartono, Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lintasan belajar pada materi luas bangun datar persegi dan persegi panjang menggunakan tangram untuk kelas IV. Metode yang digunakan adalah design research yang melibatkan siswa kelas IV SD Singapore Indonesian School (SIS) Palembang. Adapun tahapan dari penelitian ini adalah preparing for the experiment, experiment in the classroom, dan retrospective analysis. Pada experiment in the classroom terdiri dari dua siklus yaitu pilot experiment dan teaching experiment. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa pada materi luas bangun datar persegi dan persegi panjang dapat dirangsang dengan menggunakan tangram sebagai konteks. Semua kegiatan yang dilakukan oleh siswa menghasilkan lintasan belajar. Lintasan belajar yang dihasilkan terdiri dari menyusun bangun datar yang berbeda dengan satuan unit yang sama dengan  menggunakan tangram, menemukan luas bangun datar persegi dan persegi panjang dengan konsep perkalian baris × kolom, menemukan panjang atau lebar persegi panjang yang diberikan luasnya dan salah satu sisinya dan menyelesaikan permasalahan luas bangun datar gabungan persegi dan persegi panjang. Hal ini berguna untuk memahami luas persegi dan persegi panjang sebagai banyaknya unit yang diperlukan untuk menutupi suatu daerah, perkalian baris × kolom, dan pemecahan masalah kontekstual dalam luas bangun datar persegi dan persegi panjang.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

sij-inovpend

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan is an online peer-reviewed journal and aims to provide an international scientific communication forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to educational technology. This journal is publish by Educational Technology ...