cover
Contact Name
Sardianto Markos Siahaan
Contact Email
jip@unsri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jip@unsri.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pendidikan
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 20879903     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Inovasi Pendidikan is an online peer-reviewed journal and aims to provide an international scientific communication forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to educational technology. This journal is publish by Educational Technology Department, The Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sriwijaya. The Jurnal Inovasi Pendidikan consists of high-quality technical manuscripts on advances in the state-of-the-art of educational technology; both theoretical approaches and practical approaches are encouraged to submit. All published articles in Jurnal Inovasi Pendidikan are freely accessible in that website. Frequency: 2 issues per year (May and November).
Arjuna Subject : -
Articles 42 Documents
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BANGUN DATAR BELAH KETUPAT BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA Sanjaya, Dekky; Somakim, Somakim; Hartono, Yusuf
-
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif bangun datar belah ketupat berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk peserta didik kelas VII SMP yang valid, praktis, serta memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model Alessi dan Trollip yang terdiri dari tiga tahap, yaitu : tahap perencanaan, tahap desain, dan tahap pengembangan. Multimedia yang dihasilkan divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli desain pembelajaran pada saat uji alpha. Kevalidan media mendapat nilai 0,92 dengan kategori sangat baik, kevalidan materi mendapat nilai 0,91 dengan kategori sangat baik, dan kevalidan desain pembelajaran mendapat nilai 0,78 dengan kategori baik, sehingga multimedia dinyatakan valid dan layak digunakan. Tahap berikutnya adalah uji beta untuk menguji praktikalitas produk. Hasil uji beta memperolah angka rerata 0,85 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi kepraktisannya. Pada tahap uji lapangan, rerata hasil belajar peserta didik ialah sebesar 81,48. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif ini valid, praktis, dan mempunyai efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI LARUTAN ASAM BASA UNTUK KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS Effrilia, Utarie; Rachman, Fuad Abd; Nawawi, Effendi
-
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis multimedia interaktif materi larutan asam basa yang valid, praktis dan memiliki efektivitas terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Alessi dan Trollip. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan (planning), tahap desain (design), dan tahap pengembangan (development). Hasil validitas diperoleh melalui uji alpha yang dinilai oleh tiga ahli yaitu ahli materi, ahli media dan ahli desain pembelajaran. Hasil rerata penilaian para ahli diperoleh angka sebesar 0,69 dari ahli materi; 0,74 dari ahli media dan 0,68 dari ahli desain pembelajaran, sehingga bahan ajar berbasis multimedia yang dikembangkan dinyatakan tinggi tingkat kevalidannya. Hasil kepraktisan diperoleh melalui uji betha menggunakan angket dengan rata-rata V adalah 0,66 dengan kategori tinggi tingkat kepraktisannya. Hasil uji lapangan menunjukan bahwa hasil belajar meningkat 35,93 dengan rata-rata skor pretest sebesar 40,62 sedangkan skor posttest sebesar 76,56, dengan N-gain score sebesar 0,61 (kategori sedang). Saran dari peneliti yakni (1) bagi peneliti lain, diharapkan agar dapat mengembangkan bahan ajar berbasis multimedia interaktif untuk materi lain, dan mampu mengembangkan soal-soal evaluasi yang sifatnya random; (2) bagi guru, diharapkan media yang dihasilkan dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar yang mempermudah penyampaian materi pelajaran; (3) bagi sekolah, diharapkan agar bahan ajar berbasis multimedia interaktif ini digunakan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran kimia kelas XI.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA DI SEKOLAH DASAR Febriyanti, Ruri; Rachman, Fuad Abd; Jaenuddin, Riswan
-
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) menghasilkan multimedia interaktif  pada materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya di sekolah dasar  Palembang yang teruji validitasnya, 2) menghasilkan multimedia interaktif  pada materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya di sekolah dasar  Palembang yang teruji kepraktisannya, dan 3) menghasilkan multimedia interaktif  pada materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya di sekolah dasar  Palembang yang memberikan efek potensial pada hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah  Research and Development. Model penelitian yang digunakan adalah model Alessi dan Trollip dengan prosedur pengembangan perencanaan, perancangan, dan pengembangan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV Sholahudin Al Ayyubi Sekolah Islam Al Azhar Cairo Palembang. Data penelitian menggunakan angket kelayakan media oleh validator ahli materi, media, dan desain pembelajaran, observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) multimedia interaktif  pada materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya telah teruji validitasnya dengan rerata 4,3 (sangat valid) dan layak digunakan dengan revisi, 2) multimedia interaktif  pada materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya telah teruji kepraktisannya dengan rerata 4,47 (sangat praktis) dan 3) multimedia interaktif  pada materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya telah memberikan efek potensial pada hasil belajar peserta didik. Melalui hasil penelitian ini disarankan kepada peneliti selanjutnya agar menggunakan aplikasi multimedia yang dapat digunakan pada semua perangkat.
PENGEMBANGAN PENILAIAN ONLINE BERBANTUAN EDMODO DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS Asromi, Asromi; Zulkardi, Zulkardi; Susanti, Retno
-
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan penilaian online berbantuan edmodo dalam pembelajaran geografi di sekolah menengah atas yang valid, praktis, dan mempunyai dampak potensial terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Prosedur penelitian menggunakan model pengembangan Alessi dan Trollip yang terdiri dari tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMAN 3 Kayuagung. Penelitian ini dikatakan valid bila review ahli menyatakan penilaian online berbantuan edmodo dalam pembelajaran geografi yang dikembangkan layak untuk di uji coba, Kemudian di uji cobakan pada uji lapangan untuk melihat kepraktisan penilaian online berbantuan edmodo dalam pembelajaran geografi, hali ini terlihat dari tes uji lapangan diperoleh sebesar 96, 66% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penilaian online berbantuan edmodo dalam pembelajaran geografi yang dikembangkan terbukti valid, praktis dan mempunyai dampak potensial terhadap hasil belajar siswa. Saran bagi siswa, guru mata pelajaran dan sekolah agar penilaian online berbantuan edmodo dalam pembelajaran geografi ini dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran dengan sebaiknya, serta bagi peneliti lain penilaian online berbantuan edmodo dalam pembelajaran geografi ini dapat dijadikan acuan dalam mengembangkan penelitian yang serupa.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI PELUANG USAHA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Marantika, Asia; Jaenuddin, Riswan; Khatijah, Nyayu
-
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang berjudul pengembangan multimedia interaktif materi peluang usaha Sekolah Menengah Kejuruan ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif materi peluang usaha mata pelajaran  kewirausahaa Sekolah Menengah Kejuruan yang valid, praktis, dan efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Development Research). Model pengembangan  yang digunakan dalam penelitian ini adalah  model Alessi and Trollip  yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap desain dan tahap pengembangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, walkthrough, angket, tes dan observasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif berdasarkan hasil wawancara, walkthrough, angket, tes hasil belajar peserta didik dan lembar observasi. Setelah multimedia interaktif dikembangkan lalu dilakukan uji alpha atau validasi oleh tiga ahli yaitu media, desain pembelajaran dan materi diperoleh nilai sebesar 4,95 dengan kategori sangat valid. Untuk mengetahui praktikalitas multimedia interaktif dilakukan uji betha terhadap enam orang peserta didik diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,06 dengan kategori praktis. Sedangkan untuk mengetahui efektivitas multimedia yang dikembangkan terhadap hasil belajar peserta didik dilakukan uji coba produk diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 58,78 dengan kategori kurang baik dan nilai posttest sebesar 80,63 dengan kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif materi peluang usaha mata pelajaran kewirausahaan Sekolah Menengah Kejuruan dinyatakan  valid, praktis dan efektif  terhadap  hasil  belajar  peserta  didik.  Sehingga  di  harapkan  untuk  peserta  didik multimedia interaktif ini bisa di manfaatkan untuk belajar mandiri serta menumbuhkan motivasi belajar   sehingga   meningkatkan hasil belajar pada materi peluang usaha., bagi  guru mata pelajaran multimedia interaktif ini dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, bagi peneliti lain   menjadi inspirasi atau masukan dalam perbaikan proses pembelajaran dan dapat dikembangkan menjadi lebih baik pada materi lain dalam pelajaran kewirausahan dan lebih sempurna dalam pembuatan multimedia interaktif.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SEKOLAH DASAR Lestary, Dian; Diem, Chuzaimah; Khadijah, Nyayu
-
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Lembar kerja peserta didik berbasis pembelajaran kontekstual untuk materi mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi telah dikembangkan dan diujicobakan di SD Kartika II-3 Palembang. Lembar kerja peserta didik berbasis pembelajaran kontekstual ini dikembangkan dengan menggunakan model Denny Setiawan  yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: pertama-tama peneliti (1)melakukan analisis karakteristik khusus dan umum; (2)perencanaan, dengan mengidentifkasi tujuam pembelajaran, pemilihan media dan sumber belajar; (3)pengembangan seperti menulis materi dan menentukan format serta tata letak; (4)evaluasi; dimana beberapa ahli melakukan review untuk memvalidasi produk yang telah dikembangkan; dan (5)revisi berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan oleh review ahli. Lembar kerja peserta didik berbasis pembelajran kontekstual dinyatakan valid berdasarkan hasil rata-rata penilaian validator  adalah sebesar 85,60%. Hasil evaluasi lapangan berbasis angket rata-rata angket terhadap semua aspek yang dinilai menunjukan kepraktisan sebesar 81%. Lembar kerja peserta didik berbasis pembelajaran kontekstual juga terbukti efektif dilihat dari rata-rata gain score pada evaluasi lapangan sebesar 0,41 dengan kategori sedang dan hasil observasi sebesar 77,40% termasuk kategori aktif. Disaran bagi peserta didik, guru, sekolah, agar dapat memanfaatkan lembar kerja peserta didik berbasis pembelajaran kontekstual ini sebagai bahan ajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan sebagai inspirasi untuk peneliti lain untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis pembelajaran kontekstual untuk materi lain.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KONSTRUKTIVISTIK DALAM MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS Handayani, Nevi; Susanti, Retno; Khatijah, Nyayu
-
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis konstruktivistik dalam mata pelajaran sosiologi di Sekolah menengah Atas materi stratifikasi sosial untuk peserta didik kelas XI IPS. Penelitian dilaksanankan di SMA Srijaya Negara Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Alessi dan Trollip yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap desain dan tahap pengembangan. Validitas multimedia interaktif ini dinilai oleh tiga ahli yaitu ahli materi, ahli desain, dan ahli media. Berdasarkan saran dan penilaian ahli, multimedia interaktif ini dinyatakan valid dan layak untuk diujicoba. Kepraktisan multimedia interaktif dapat dilihat dari kesimpulan hasil wawancara pada tahap uji beta diperoleh rerata 4,62 dengan kategori sangat praktis. Efektifitas multimedia interaktif ini tampak dari hasil belajar yang megalami peningkatan dengan Ngain sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan memiliki efektifitas terhadap hasil belajar peserta didik. Melalui hasil penelitian ini disarankan kepada peneliti lain untuk dapat mengembangkan multimedia interaktif pada materi pembelajaran yang lain
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SUBTEMA TUBUH MANUSIA DI SEKOLAH DASAR Sofianty, Sri; Hartono, Hartono; Sumarni, Sri
-
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan  proses sains subtema tubuh manusia yang valid, praktis, dan mempunyai efek potensial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Reseach) dengan  model Rowntree (perencanaan, persiapan penulisan, penulisan dan penyuntingan) serta menggunakan uji Tessmer pada evaluasi yang terdapat di dalam tahap penyuntingan yaitu Expert Review, One-to-One, Small-Group, Field test. Pengumpulan data dilakukan dengan dengan menggunakan lembar validasi, panduan wawancara, lembar kuesioner, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian didapatkan skor validitas 3,93 yaitu dalam kategori valid.Skor praktikalitas sebesar 4,46 yang termasuk kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil belajar tes akhir peserta didik menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan proses sains subtema tubuh manusia mempunyai efek potensial sebesar 87,10. Hasil penelitian yang telah dikembangkan menunjukkan bahwa bahan ajar yang berupa lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan proses sains subtema tubuh manusia yang dihasilkan telah valid, praktis, dan mempunyai efek potensial.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SAINTIFIK MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN MATA PELAJARAN BIOLOGI Hapiyuddin, Hapiyuddin; Susanti, Rahmi; Waspodo, Waspodo
-
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Saintifik yang valid, praktis, dan memiliki efektivitas terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Development Research). Prosedur penelitian menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap persiapan penulisan, serta tahap penulisan dan penyuntingan. Pada tahap penulisan dan penyuntingan, dilakukan evaluasi formatif dengan menggunakan model evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari empat tahap, yaitu expert review, one to one evaluation, small group evaluation, dan field test. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Lembak. Penelitian ini dikatakan valid bila expert review menyatakan LKPD yang dikembangkan layak untuk diujicobakan, kemudian diujicobakan pada tahap one to one evaluation dan small group evaluation untuk menilai kepraktisan LKPD. Pada tahap small group, hasil angket peserta didik terhadap LKPD dinyatakan dengan kategori sangat praktis. Sedangkan uji coba produk di lapangan (field test) menunjukkan 90,9% ketuntasan klasikal. 
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK SISWA SMA Sugimin, Diana Sari; Susanti, Rahmi; Khatijah, Nyayu
-
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini yang berjudul “pengembangan multimedia interaktif materi sistem ekskresi untuk siswa SMA” bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif materi sistem ekskresi untuk siswa SMA yang valid, praktis, dan efektif terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Prosedur penelitian menggunakan model Akker, yang terdiri dari tiga tahap yaitu: analisis, desain, evaluasi dan revisi. Tahap Evaluasi menggunakan model evaluasi formatif Tessmer, yang terdiri dari lima tahap yaitu, self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group, dan field test.  Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas XI SMA N 11 Palembang. Penelitian ini dinyatakan valid karena expert review menyatakan multimedia yang dikembangkan layak untuk diujicoba, yang kemudian diujicobakan pada tahap one-to-one evaluation hingga pada tahap small group. Hasil field test menunjukkan nilai 81,38 dan N-gain 0,56 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia yang dikembangkan terbukti valid, praktis dan efektif terhadap hasil belajar siswa. Saran bagi siswa bagi siswa sebagai alternatif sumber belajar, baik secara mandiri maupun kooperatif, bagi guru sebagai bahan ajar alternatif sehingga dapat merangsang kemampuan kognitif maupun kemampuan berpikir kreatif, bagi sekolah dapat menjadi bahan masukan penggunaan multimedia dalam proses belajar mengajar, bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk melakukan penelitian relevan.