Jurnal Inovasi Pendidikan


Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Topik Pencemaran Lingkungan Di Kelas X IPA

Roy, Novaria (Unknown)
Susanti, Rahmi (Unknown)
Somakim, Somakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2019

Abstract

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing telah dilakukan Pada Topik Pencemaran Lingkungan untuk peserta didik Kelas X IPA SMA Srijaya Negara Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan ini dilakukan melalui tiga tahap yang terdiri dari tahap analisis, tahap perancangan dan tahap evaluasi (self evaluation, expert review, one to one, small group dan field test). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 SMA Srijaya Negara Palembang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara walktrough, wawancara, angket dan tes hasil belajar biologi. LKPD ini dinyatakan valid setelah divalidasi oleh empat orang validator  meliputi validator isi, desain dan bahasa yang  diperoleh nilai rata – rata sebesar 4,20 dengan katagori valid. LKPD dinyatakan praktis karena telah dilakukan uji kepraktisan oleh peserta didik dengan mengisi lembar angket pada tahap one to one dan tahap small group. Hasil analisis angket peserta didik pada tahap one to one dan small group diperoleh nilai rata-rata yaitu 4,25 dan 4,23 dengan kategori sangat praktis. LKPD memilliki efektivitas yang tinggi terhadap hasil belajar Biologi kelas X IPA 1. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik  kelas X IPA 1 pada tahapan field test dengan  rata – rata gain 36, 3  sehingga diperoleh indeks gain sebesar 0,74 yang termasuk kategori tinggi. Ini berarti bahwa pembelajaran menggunakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPA 1.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

sij-inovpend

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan is an online peer-reviewed journal and aims to provide an international scientific communication forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to educational technology. This journal is publish by Educational Technology ...