Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif materi tata ruang kantor dalam mata pelajaran otomasisasi tata kelola sarana dan prasarana untuk peserta didik kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang valid, praktis dan efektif terhadap hasil belajar. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Alessi dan Trollip yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, desain dan pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah walkthrough, wawancara, angket, observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis yang dilakukan adalah analisis data hasil walkthrough, analisis data hasil wawancara, analisis data hasil angket, analisis data hasil observasi dan analisis data hasil belajar. Validitas multimedia interaktif ini dinilai oleh tiga ahli yaitu ahli materi, ahli desain dan ahli media. Berdasarkan saran dan penilaian ahli, multimedia interaktif ini dinyatakan valid dan layak untuk diujicobakan. Kepraktisan multimedia interaktif dapat dilihat dari penilaian pada tahap uji beta dengan rerata nilai 4,78 dengan kategori sangat praktis. Efektivitas multimedia interaktif ini dilihat dari hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan dari rerata nilai 40,26 kategori sangat buruk pada saat pretest menjadi rerata nilai 89,86 kategori sangat baik pada saat postest. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah multimedia interaktif materi tata ruang kantor dalam mata pelajaran otomasisasi tata kelola sarana dan prasarana yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Adapun saran untuk guru dan peserta didik hendaknya menggunakan multimedia interaktif tata ruang kantor dalam mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana, untuk peneliti lain disarankan untuk mengembangkan multimedia interaktif pada materi tata ruang kantor yang lebih canggih
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 0000