Jurnal Riset Akuntansi Aksioma
Vol 17 No 1 (2018): Aksioma - Accounting Journal Research, Juni 2018

ANALISIS PERILAKU BIAYA MAHASISWA

Fikri, Muhammad Ali (Unknown)
Atikah, Siti (Unknown)
Ramadhani, Rahmi Sri (Unknown)
Hilendri L., Bq Anggun (Unknown)
Handayani, Tuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis alokasi biaya yang dibelanjakan oleh mahasiswa semenjak mereka dilahirkan sampai dengan saat ini dipandang melalui perspektif akuntansi. Penelitian ini menjadi penting untuk dilakukan untuk memahami perilaku biaya yang dilakukan oleh seseorang. Sebagaimana diketahui biaya hidup terdiri dari biaya hidup primer dan sekunder, yang mana biaya primer merupakan pengeluaran pokok yang dihabiskan untuk dapat hidup secara normal, sedangkan biaya sekunder merupakan pengeluaran yang digunakan selain dari hidup secara normal menurut rata-rata perilaku manusia.Hasil analsis dari pengelompokan biaya tersebut dapat dilihat bahwa rata rata biaya yang paling besar dikeluarkan yaitu biaya lain-lain, dilanjutkan dengan biaya sekolah dan terakhir biaya entertain. Berdasarkan pengelompokan biaya, yaitu kelompok biaya rendah, kelompok menengah, dan kelompok biaya tinggi dapat dilihat perilaku biaya yang dikeluarkan oleh kelompok rendah dan menengah mengikuti perilaku biaya secara umum, yaitu urutan pengeluaran biaya terbesar dimulai dari biaya lain-lain, biaya sekolah, dan biaya entertain, kecuali untuk kelompok mengenagh ke atas memiliki perilaku biaya berbeda, yaitu mereka cenderung menghabiskan biaya entertain lebih tinggi dibandingkan biaya sekolah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Aksioma Jurnal Riset Akuntansi adalah jurnal ilmiah akses terbuka peer-reviewed yang dikelola dan diterbitkan oleh Pusat Kajian dan Pengembangan Akuntansi (PKPA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram. Jurnal tersebut menerbitkan berbagai penelitian dan ulasan di bidang akuntansi. ...