Laju Reaksi merupakan salah satu materi yang dianggap sulit oleh siswa. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: 1) materi laju reaksi yang dipelajari tergolong pada level makroskopik, mikroskopik dan simbolik 2) metode pembelajaran yang kurang bervariasi menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia. Salah satu alternatif untuk mengatasi hal tersebutditerapkanpendekatan Inquiry Based Learning.Penerapan pendekatan inkuiri based learning memungkinkan siswa terlibat secara aktif menggunakan proses mentalnya untuk menemukan beberapa konsep dan prinsip materi laju reaksi yang sedang dipelajari. Tujuandaripenelitianini adalahuntukmengetahuiprosespenerapan pendekatan inkuiri based learningdan pengaruhnya terhadap hasilbelajar siswa kelas XI SMKN 3 MataramTahun Pelajaran 2012/2013 pada materi laju reaksi.Populasidalampenelitianini terdiridariduakelasdenganjumlah55 siswa.Pengambilansampeldilakukandengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasiketerlaksanaan RPP, penilaianafektifsiswa,penilaianpsikomotor siswa danteshasilbelajar. Dari hasilujicoba instrumen diperoleh 34item soal yang valid dengan tingkatreliabilitas tessebesar0,814dengankriteriasangatbaik.Analisis datahasilbelajarsiswadilakukanmelaluiujibeda(ujiZ)diperoleh Zhitumg (0,217)
Copyrights © 2013