Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Intellectual Capital terhadap kompetensi perguruan tinggi di Pontianak, melalui proses pembelajaran terpadu. Model penelitian menggunakan teknik full model, yang dilakukan antara konstruksi (model multidimensional). Sampel penelitian adalah mahasiswa yang terdaftar pada 2012/2013, dalam proses pembelajaran semester VI. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder, yang diperoleh dengan memiliki skala pengukuran dan tabulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Intellectual Capital memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kompetensi, (manajemen keuangan). Hubungan antara Intellectual Capital dan Financial Management Competence hanya sebesar 0,9%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain yang tidak termasuk dalam model ini. Intellectual Capital memiliki pengaruh yang besar terhadap pengembangan kompetensi siswa dan harus diimplementasikan lebih awal pada awal perkuliahan melalui proses pembelajaran terpadu yang siswa termotivasi untuk belajar, dapat dengan mudah menentukan pilihan untuk meningkatkan kompetensi mereka berdasarkan kelompok kursus, dan Akhirnya memiliki kompetensi kompetitif yang dibutuhkan di dunia kerja sekaligus kreatif memberikan kesempatan kerja.Kata Kunci: modal intelektual, kompetensi, manajemen keuangan dan sumber daya manusia
Copyrights © 2017