PROFIT : Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Vol 6, No 1 (2019): PROFIT

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XII IPS.2 SMA NEGERI 13 PALEMBANG

Salmi Salmi (SMA Negeri 13 Palembang)



Article Info

Publish Date
31 May 2019

Abstract

Abstract This study aims to determine the application of discovery learning learning models to students of class XII IPS.2 Palembang State High School 13. The research used is Classroom Action Research (CAR) or Classroom Action Research (CAR) which aims to improve and find solutions to real problems in improving the learning process in the classroom. This research has several cycles. Each cycle consists of 4 stages of interrelated and continuous activities, namely: planning (planning), implementation (acting), observation (observing), and reflection (reflecting). The results of the study showed that using the discovery learning model of learning completeness of students before the action and after the action, namely; cycle I (60.00%), and cycle II (90.00%). Thus, it can be concluded that there is a significant change in learning outcomes between before and after being given class action by applying discovery learning learning models to students of class XII IPS.2 Palembang 13 Public High School so that this research is considered to be successful. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran discovery learning pada peserta didik kelas XII IPS.2 SMA Negeri 13 Palembang. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang bertujuan untuk memperbaiki dan mencari solusi dari persoalan yang nyata dalam meningkatkan proses pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini memiliki beberapa siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap kegiatan yang saling terkait dan berkesinambungan yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning ketuntasan belajar peserta didik sebelum tindakan dan sesudah tindakan yaitu; siklus I (60,00%), dan siklus II (90,00%). Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat perubahan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning pada peserta didik kelas XII IPS.2 SMA Negeri 13 Palembang sehingga penelitian ini dianggap berhasil dengan baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

PROFIT : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi mempublikasikan hasil penelitian ilmiah di bidang Pendidikan Ekonomi dan kajian Ilmu Ekonomi lainnya, berupa penelitian dasar, perancangan, dan pengembangan teknologi, serta kajian teoritis. Jurnal terbit secara berkala dua kali setahun (Mei dan ...