J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat
Vol 4, No 2 (2018): J-Kesmas Volume 4, Nomor 2, Nopember 2018

Hubungan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Di SMK Negeri 1 Polewali Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar

Nursiah Yaco (Fakultas Kesehatan, Universitas Al Asyariah Mandar)
Urwatil Wusqa Abidin (Fakultas Kesehatan, Universitas Al Asyariah Mandar)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2021

Abstract

Gizi merupakan salah satu faktor penentu utama kualitas Sumber Daya Manusia. Status gizi yang baik akan mempengaruhi proses pertumbuhan dari perkembangan anak, salah satunya dapat meningkatkan kemampuan intelektual yang akan berdampak pada prestasi belajar di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status gizi dengan prestasi belajar pada remaja siswa di Sekolah Menengah KejuruanNegeri 1 Polewali Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan teknik Simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 77 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah status gizi siswa terhadap prestasi belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan data primer dan data sekunder. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan status gizi dengan prestasi belajar pada remaja siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Polewali Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar dengan nilai p value = 0,025.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jikm

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat merupakan jurnal dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar. Terbit berkala enam bulan sekali (Semester). Sebagai wahana komunikasi insan akademik dalam bidang Kesehatan Masyarakat dan Kesehatan Lingkungan. ...