JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM
Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal dan UMKM (JIBPU)

KONSUMERISME MAHASISWA TERHADAP MAXX COFFEE DALAM KERANGKA TEORI FETISISME KOMODITAS DAN MOTIVASI HEDONIS SERTA EXPERIENTIAL MARKETING

Grace Putlia (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2019

Abstract

Saat ini persaingan dalam bisnis kedai kopi semakin ketat, oleh karena itu para pelaku usaha di bidang ini harus melakukan berbagai inovasi pada bisnisnya agar dapat bertahan dan memenangkan persaingan. Dengan melakukan perubahan dan menciptakan ide-ide baru yang kreatif diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga konsumen menjadi puas. Fenomena yang menarik adalah bahwa ternyata banyak kalangan mahasiswa yang menghabiskan waktu mereka dengan memilih kedai kopi sebagai tempat yang mereka tuju, mengingat bahwa harga yang ditawarkan tidak bisa dibilang murah untuk setiap menu yang ada. Penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus tunggal ini menjawab fenomena menarik tersebut dengan mengolah jawaban dari 25 orang informan. Hasil akhir yang di dapat bahwa informan melakukan konsumsi namun tidak langsung terjebak pada fetisisme komoditas yang berarti tidak melakukan pemujaan terhadap nama besar suatu merek. Sehingga, dampak hedon untuk terus berhasrat memenuhi kedahagaan pada materi tidak terjadi pada informan. Namun, tawaran experiential marketing disambut hangat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIBPU

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal dan UMKM (JIBPU) edisi ini berisi lima tulisan, yang terkait dengan strategi marketing dan manajemen sumber daya manusia dengan beberapa implementasi marketing di sektor keuangan, jasa bisnis, industri dan pemerintahan. Jurnal ini menampilkan beberapa penelitian dan ...