Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 2, No 1 (2014): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Pendekatan Metakognisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Semester IV Mata Kuliah Statistika Matematika

Muchamad Subali Noto (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNSWAGATI)
Tonah Tonah (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNSWAGATI)
Ika Wahyuni (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNSWAGATI)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi yang bertujuan untuk mengetahui besar peningkatan kemampuan penalaran matematis mahasiswa dengan pendekatan metakognisi pada mata kuliah statistika matematika, mengetahui besar aktivitas yang ditumbuhkan melalui pendekatan metakognisi berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis, serta mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis dalam pembelajaran dengan pendekatan metakognisi denganpembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian meliputi Silabus, SAP, lembar pengamatan aktivitas dan lembar kerja mahasiswa. Data diolah dengan deskriptif, uji gain, analisis uji perbedaan independent sample t test dan uji regresi. Hasil menunjukkan besarnya peningkatan kemampuan penalaran masuk dalam kategori sedang yaitu sebesar 0,32. Pengaruh aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa pada mata kuliah statistika matematika adalah sebesar 77% dengan persamaan regresinya Yˆ= -26,729 + 0,835X1. Kemampuan penalaran matematis untuk kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran ekspositori.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

Delta

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika menyajikan informasi mutakhir hasil kajian dan penelitian bidang matematika dan pendidikan. Lingkup matematika meliputi statistik, aljabar, geometri, analisis, komputer, terapan. Sedangkan lingkup pendidikan meliputi pembelajaran matematika, media ...