Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi yang bertujuan untuk mengetahui besar peningkatan kemampuan penalaran matematis mahasiswa dengan pendekatan metakognisi pada mata kuliah statistika matematika, mengetahui besar aktivitas yang ditumbuhkan melalui pendekatan metakognisi berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis, serta mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis dalam pembelajaran dengan pendekatan metakognisi denganpembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian meliputi Silabus, SAP, lembar pengamatan aktivitas dan lembar kerja mahasiswa. Data diolah dengan deskriptif, uji gain, analisis uji perbedaan independent sample t test dan uji regresi. Hasil menunjukkan besarnya peningkatan kemampuan penalaran masuk dalam kategori sedang yaitu sebesar 0,32. Pengaruh aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa pada mata kuliah statistika matematika adalah sebesar 77% dengan persamaan regresinya Yˆ= -26,729 + 0,835X1. Kemampuan penalaran matematis untuk kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran ekspositori.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014