Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika. Model yang dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning, model pembelajaran Drill dan model pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, penelitian menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Wonosobo Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen I, VIII A sebagai kelas eksperimen II dan VIII C sebagai kelas kontrol . Tekhnik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sebelum dilakukan uji hipotesis dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji keseimbangan menggunakan uji analisis variani satu jalan sel tak sama. Setelah ketiga uji tersebut terpenuhi, dilakukan uji hipotesis menggunakan uji analisis variani satu jalan sel tak sama. Hasil dari penelitian ini adalah Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dibanding Discovery Learning (DL), model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Discovery Learning memberikan hasil belajar yang lebih baik dibanding model pembelajaran konvensional.
Copyrights © 2017