Sumber belajar begitu luas dan kompleks, lebih dari sekedar media pembelajaran. Penelitian ini menganalisis dua buah buku sebagai sumber belajar matematika siswa MTs di Kabupaten Kudus, yakni buku “Matematika Realistik Untuk SMP dan MTs” sebagai buku utama, dan Buku Sekolah Elektronik (BSE) “Matematika Konsep Aplikasi 2” sebagai buku pembanding. Dalam penelitian ini menggunakan 2 orang penilai untuk meneliti kualitas setiap buku berdasar dua aspek, yakni aspek materi dan aspek penyajian buku sesuai yang telah ditetapkan oleh Pusat Perbukuan (Pusbuk). Hasil penelitian menunjukkan penilaian peneliti serta guru penilai, buku teks “Matematika Realistik Untuk SMP dan MTs” sebagai sumber belajar matematika dalam kategori berkualitas sangat baik karena memuat setiap indikator dari tiap sub aspek materi dan penyajian oleh Pusbuk, bahkan memiliki nilai lebih pada sub aspek materi prasyarat, problem solving, dan melibatkan siswa secara aktif. Untuk sumber belajar matematika buku sekolah elektronik (BSE) “Matematika Konsep dan Aplikasinya 2” yang dijadikan sebagai pembandingnya memiliki dalam kategori berkualitas baik menurut penilaian peneliti maupun guru penilai, karena memuat setiap indikator dari tiap sub aspek materi dan penyajian oleh Pusbuk.
Copyrights © 2017