Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa kelas VII dengan model pembelajaran snowball throwing berbantuan modul dapat mencapai ketuntasan belajar; (2) untuk mengatahui rata-rata prestasi belajar matematika siswa kelas VII dengan model pembelajaran snowball throwing berbantuan modul lebih baik daripada rata-rata prestasi belajar siswa dengan pembelajaran konvensional; (3) untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas VII berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Doro tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini diambil secara cluster random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan metode tes dan metode angket. Hasil penelitian diperoleh (1) berdasarkan uji ketuntasan, zhitung = 1,83 > -ztabel = -1,64; artinya bahwa ketuntasan belajar siswa samadengan 75%, (2)uji beda rata-rata yang menggunakan uji t, menunjukkan bahwa rata-rata prestasi belajar matematika kelas eksperimen dengan model pembelajaran snowball throwing berbantuan modul adalah 76,2 artinya lebih baik daripada prestasi belajar matematika kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, dan (3) berdasarkan uji regresi linier sederhana, menunjukkan persamaan Y = -42,151 + 1,566 X , artinya terdapat pengaruh positif antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Berdasarkan ketiga hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model snowball throwing bantuan modul efektif pada materi segiempat kelas VII MTs Syahid Doro tahun pelajaran 2013/2014.
Copyrights © 2015