Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Contextual Teaching and Learning berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP N 8 Pekalongan. Kriteria keefektifan dilihat dari pencapaian ketuntasan belajar siswa yang mencapai sebesar 75% dan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan Contextual Teaching and Learning berbantuan alat peraga lebih baik dibandingkan siswa yang diajar menggunakan ekspositori. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes dan dokumen. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Proses analisis data menggunakan uji z untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dan uji t digunakan untuk mengetahui perbandingan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil akhir yang diperoleh bahwa ketuntasan belajar siswa yang diajar Contextual Teaching and Learning berbantuan alat peraga mencapai 75% dan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar Contextual Teaching and Learning berbantuan alat peraga lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan ekspositori.
Copyrights © 2014