Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1 (2015): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

EFEKTIVITAS MODEL TPS BERBANTUAN MEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATAKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Atina Rahmatika (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIKAL)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan minimum, kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, dan keaktifan siswa berpengaruh dengan kemampuan pemecahan masalah. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas eksperimen (VIIID) dan kelas kontrol (VIIIC) di SMP MTs. Salafiyah Al Muttaqin Medono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen sebesar 79,207 dan kelas kontrol sebesar 69,233. Dari hasil uji ketuntasan kemampuan pemecahan masalah dengan uji proporsi satu pihak diperoleh bahwa siswa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan lebih dari 85% dan hasil uji beda rata-rata diperoleh t hitung =17,409 > t tabel = 2,002465, sehingga H 0 ditolak, berarti rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model TPS berbantuan media cerita bergambar lebih baik dari rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model ekspositori. Terdapat pengaruh positif antara keaktifan siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan persamaan y=40.833+0.464x..

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

Delta

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika menyajikan informasi mutakhir hasil kajian dan penelitian bidang matematika dan pendidikan. Lingkup matematika meliputi statistik, aljabar, geometri, analisis, komputer, terapan. Sedangkan lingkup pendidikan meliputi pembelajaran matematika, media ...